Friday, February 13, 2009

Valentine Day BUKAN budaya kita!

Ceritakan padaku tentang kasih sayang asalkan jangan pada tanggal 14 Februari! Sungguh bodoh remaja yg mengaku Islam tapi dengan bangga malah merayakannya. Menurut The Word Book Encyclopedia '98 Valentine Day merupakan perayaan lupercelia (dewa masa Romawi Kuno). Pada tahun 496 M Katolik masuk Roma dan Valentine day menjadi tradisi upacara suci gereja Katolik. Sedangkan menurut The Catholik Encyclopedia vol. XV, Valentine day merupakan upacara kematian St. Valentine. Bermula dari Valentino yang dipenjarakan dalam sel karena melanggar aturan kerajaan yang melarang tentaranya menikah dengan seorang wanita. Namun Valentino melanggar dan mengabaikan aturan tersebut.

Remaja muslim seakan dikepung olah budaya barat ini, melalui tayangan televisi, radio maupun cetak mereka telah menjadi korban trend, korban budaya barat yang liberal. Valentine merupakan wacana busuk barat yang akan menghancurkan eksistensi nilai-nila budaya bangsa yang lebih mengutamakan moral dan akhlak dari kalangan umat Islam. Bahkan budaya lokal seperti Jawa, Sunda, Melayu, Batak, Madura, dll tidak mengenal yang namanya Valentine, hahaha..gak gaul y? Tetapi lebih mengutamakan kearifan lokal. Mendingan gak gaul daripada tertelan budaya barat yang semakin menjauhkan kita dari budaya kita sendiri. Remaja sekarang memang kurang pandai menganggumi budayanya sendiri dan terlalu berlebih mengapresiasikan budaya barat.

Lemahnya pemahaman tentang Valentine, kurangnya kontrol masyarakat maupun orang tua, merupakan penyebab remaja muslim latah ikut-ikutan merayakan Valentine.

Hasrat untuk ikut-ikutan pasti selalu ada dalam diri manusia, namun hal itu menjadi tercela dalam Islam jika kita ikut merayakannya. Sesuai dengan sabda Rasul:
Barang siapa meniru suatu kaum, maka ia termasuk dari kaum tersebut. (HR. At-Tirmidzi).

Dan Allah juga telah berfirman:
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa di antara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim. (Al-Maidah:51)

Sudah sepantasnya sebagai remaja muslim kita harus menjauhi budaya Valentine day, dan kembali ke dalam nilai-nilai universal Islam, maupun kearifan lokal dengan begitu Valentine tidak menjadi agung dan mulia di mata mereka.

Islam tidak melarang kasih sayang, tetapi kasih sayang tidak hanya pada bulan Februari bukan?

No comments: